Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian dilakukan pada maha peserta didik tata rias dengan matakuliah perawatan badan guna melihat peningkatan hasil belajarnya. Penelitian diamati melalui dua siklus dengan tiga metode yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket atau kuisioner. Hasil penelitian pada siklus I terhadap aktivitas maha peserta didik dikelas diperoleh prosentase 70% dengan interprestasi cukup baik. Sedangkan keterampilan kooperatif maha peserta didik pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 75% dengan kategori cukup baik. Hasil penelitian pada siklus II dari aktifitas belajar maha peserta didik diperoleh prosentase 85% dengan kategori baik. Keterampilan belajar secara kooperatif diperoleh hasil prosentase 85% dengan kategori baik. Tanggapan maha peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran diperoleh hasil 70% pada siklus I dengan interprestasi cukup menyenangi terhadap model pembelajaran yang diterapkan dan 80% pada siklus II dengan interprestasi baik. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat diterapkan pada matakuliah perawatan badan sehingga hasil belajar maha peserta didik meningkat.
Copyrights © 2017