Majalah Ekonomi
Vol 23 No 1 (2018): Juli 2018

IMPLEMENTASI CAPACITY BUILDING MENUJU DAYA SAING GLOBAL FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

subijantoro, didik (Unknown)
Sukandani, Yuni (Unknown)
Utomo, Sigit Prihanto (Unknown)
Sugijanto, Sugijanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Setiap organisasi, instansi dan atau institusi termasuk Fakultas Ekonomi Unuiversitas PGRI Adi Buana Surabaya senantiasa melakukan pengembangan kapasitas guna mencapai visi yang sudah sirumuskan dalam dokumen renstranya. Pengembangan kapasitas di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) terdiri atas 3 level pengembangan, yaitu ; (1) level organisasi, (2) level sistem, dan (3) level individu. Pada level organisasi, fokus yang dikaji adalah Tata Kelola Fakultas Ekonomi PGRI Adi Buana yang mengedepankan prinsip-prinsip good university governance yang memberikan jaminan kepuasan kepada stakeholder. Pada level sistem, fokus yang dikaji adalah pengembangan kapasitas portal website. Portal website ini berpotensi meningkatkan daya saing secara internasional. Pada level individu, focus yang dikaji adalah pengembangan kapasitas berbentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap dosen dalam melaksanakan tri dharma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Fakultas Ekonomi secara keseluruhan, serta unit kerja lain yang terkait dengan implementasi pengembangan kapasitas di Fakultas Ekonomi Unipa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam pada informan yang dipilih. Kesahihan data menggunakan model triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis fenomenologi yang terintegrasi dengan rubrik EMI (Evaluasi Mutu Internal) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dikti. Hasil penelitian menginformasikan sebagai berikut; (1) Secara keseluruhan, rerata skor Level Organisasi sebesar 5,03. berarti pengembangan kapasitas pada Level Organisasi memiliki kecenderungan mencukupi sesuai yang diharapkan (adequate as expected), (2) Pengambangan kapasitas level individu ditinjau dari standard Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan rerata skor sebesar 6. masuk dalam kategori pelaksanaan pengembangan kapasitas yang baik (example of good practice), (3) Secara keseluruhan rerata skor level sistem sebesar 3,43. Skor ini menunjukkan bahwa pengembangan kapasitas level sistem memiliki kecenderungan kurang mencukupi, Perbaikan minor akan menjadikan butir kualitas ini mencukupi (inadequate, but minor improvements will make it adequate). Beberapa saran perbaikan disampaikan dalam bab terakhir penelitian ini.

Copyrights © 2018