Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penera¬pan pendekatan scientific problem based oriented untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 10 jurusan Sains (10 MIA 2) SMA Negeri 1 Soe khususnya dalam pembelajaran Staitic Fluida. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan subyek adalah 32 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa; 1) dalam melakukan siklus kebakaran, skor rata-rata siswa adalah 70,35 atau sama dengan 2, 81 atau 59, 38% dari prestasi belajar siswa Pada siklus kedua, skor rata-rata yang diperoleh adalah 84, 99 atau sama dengan 3, 40 atau 90, 63% dari prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus satu menunjukkan bahwa ada 37, 00 dan pada siklus dua adalah 40, 00 atau ada 8, 11% peningkatan kegiatan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui pembelajaran berbasis masalah pada kelas 10 Sains 2 (10 Mia 2) dapat meningkatkan nilai belajar siswa dan aktivitas belajar dalam kaitannya dengan Pelajaran Statis Fluida pada mata pelajaran Fisika. di tahun akademik 2014/2015.. Kata Kunci: Pendekatan Ilmiah, Hasil Belajar, Kegiatan Belajar, Pembelajaran Ber- basis Masalah.
Copyrights © 2018