ENSAINS JOURNAL
Vol 1, No 2 (2018): ENSAINS Journal September 2018

MENGOPTIMALKAN POWER PLANTS TENAGA HYBRID TURBIN ANGIN - PHOTOVOLTAIC MENGGUNAKAN HOMER GRID (Studi Kasus: Ciburial Sukarame Pacet Jawa Barat )

Cecep Deni Mulyadi (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Pengunaan bahan bakar solar yang di gunakan untuk menyalakan generator yang dapat menghasilkan listrik .untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terbatas akan di gunakan, akan  hal itu bukan lah solusi yang tepat . karenakan harga dari bahan bakar solar akan terus naik sehingga biaya listrik pun akan naik.dengan masalah tersebut solusi harus di buat pembangkit listrik dari energy terbarukan.Dengan mengabungkan tiga pembangkit listrik ini, yaitu Mengoptimalkan power plants Tenaga Hybrid turbine wind,-Photovoltaic Array and PLN dengan menggunakan HOMER grid sebagagai simulasinya dalam sebuah perancangan. HOMER grid merupakan software yang bisa di gunakan untuk menghitung biaya pembangunan ,pengunaan system pembangkit listrik dan biaya perkwh dalam suatu pembangki listrik yang mana terdapat listrik tapi kurang cukup untuk memnuhi kebutuhan listrik .Data yang di peroleh   paling optimal oleh turbin angin sebesar 74,6% pertahun,photovoltaic 1,33% dan untuk pengunaan listrik PLN 24,6 %.optimal  suatu system pembangkt listrik  adalah yang NPC-nya paling rendah dari semua simulasi yang dihitung sedangkan COE  dapat ditentukan sesuai system pembangkit yang digunakan. NPC (Net Present Cost) merupakan nilai saat  pembangkit listrik di operasikan di kurangi pendapatan selama pembangkit digunakan, dan COE (Cost of Energy) adalah biaya rata-rata per kWh pada power plants. NPC pada system ini sebesar Rp 194.473.200, dan COE sebesar Rp1749 serta biaya operasional Rp11.532.850. Kata Kunci: photovoltaic, turbin angin dan homer grid.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ensains

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

ENSAINS JOURNAL merupakan media penyebarluasan informasi hasil pemikiran dari peneliti dan praktisi yang memuat seluruh bidang penelitian yang bersifat umum. Jurnal ini diterbitkan Tiga kali dalam setahun oleh LPPM UNIVERSITAS KEBANGSAAN. ...