Voice Of Informatics
Vol 5, No 2 (2016)

ANALISA PERANCANGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA STMIK STIKOM BALI

Deriani, Ni Wayan (STMIK STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2016

Abstract

Keunggulan sebuah organisasi terlihat dari kemampuan oranisasi tersebut bersaing di dunia usaha yang kian hari semakin banyak persaingan. Persaingan tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin guna mempertahankan customer dengan memberikan pelayanan yang terbaik.salah satu cara dalam memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan penyedian sarana berupa sistem informasi yang menyeluruh dan terintegrasi. CRM adalah sebuah sistem terintegerasi yang sangat bermanfaat baik dari pihak organisasi dan tentunya untuk customer.Dalam penelitian ini dilakukan analisa perancangan model CRM dengan pendekatan Zachman frameworkdari persfektif Planner dan owner. Analisa perancangan  menggunakan DFD, ERD dan konseptual database. Hasil  yang diharapkan dari penelitian ini adalah berupa perancangan model sistem Customer Relationship Management sebagai acuan para pengelola dalam pengembangan sistem yang terintegrasi dimasa yang akan datang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

voi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal VOI (Voice Of Informatics) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya, diterbitkan Bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Berisi hasil penelitian ilmiah di bidang informatika. Jurnal VOI ini bertujuan untuk menjembatani ...