Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 11 No. 2 (2017): OKTOBER 2017

PENGARUH CUSTOMER PERCEPTION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MELALUI MULTIATTRIBUTE ATTITUDE MODEL PADA PRODUK MAKANAN ORGANIK

Yerosa Dian Putri Limantara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian membahas customer perception yang membentuk multiattribute attitude model dalam pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dari masyarakat Kota Surabaya dengan kategori usia remaja akhir (17-25 tahun), dewasa muda (26-35 tahun), dan dewasa akhir (36-45 tahun). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode path analysis dari variabel customer perception dengan dimensi kesehatan (X1), rasa (X2), keseimbangan ekosistem (X3), kualitas produk (X4), harga (X5), dan food safety (X6) sebagai variabel independen; variabel multiattribute attitude model sebagai variabel intervening dengan dimensi kepercayaan pada produk (Y1), kesadaran akan kesehatan dan lingkungan (Y2), dan atribut produk itu sendiri (Y3); sedangkan variabel minat beli sebagai variabel dependen diukur dengan dimensi minat transaksional (Z1), minat referensi (Z2), minat preferensi (Z3), dan minat eksploratif (Z4). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) customer perception memiliki pengaruh positif terhadap multiattribute attitude model; (2) variabel multiattribute attitude model memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...