cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pemasaran
ISSN : 1907235X     EISSN : 2597615X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset. 2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan. 3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.
Arjuna Subject : -
Articles 173 Documents
PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN MARKETING CAPABILITIES SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA PT. PANAH PERDANA LOGISINDO DI SURABAYA Melisa .
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 10 No. 2 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.73 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.10.2.66-73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemasaran Internal Keunggulan Kompetitif di PT. Panah Perdana Logisindo di Surabaya dengan Organisasi Komitmen dan Keunggulan pemasaran sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan kausal kuantitatif pendekataan menggunakan kuesioner, di mana sampel adalah 31 responden yang semua karyawan tetap di PT. Panah Perdana Logisindo Surabaya. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Path Analysis (PLS), menunjukkan bahwa kehadiran berpengaruh positif dan signifikan dari Pemasaran Internal, Organisasi Komitmen dan Keunggulan Pemasaran Kemampan, serta berpengaruh positif dan signifikan dari Organisasi Komitmen dan Keunggulan Pemasaran.
PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA, BRAND AWARENESS, PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SEPATU OLAHRAGA Hatane Semuel; Kelvin Yohanes Setiawan
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 12 No. 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.355 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.12.1.47─52

Abstract

Penelitian menganalisa pengaruh promosi, brand awareness, dan purchase intention produk sepatu olahraga di Surabaya melalui sosial media. Sosial media yang digunakan berpromosi berupa foto produk ataupun potongan harga dipublikasikan di Instagram, facebook, dan twitter. Sampel penelitian 100 responden masyarakat Surabaya yang telah melihat promosi di sosial media sepatu olahraga Specs. Pengukuran promosi (X1) dengan indikator need recognition, finding buyers, brand building, evaluation of alternatives, dan customer retention. Pengukuran purchase intention (Y2) dengan indikator rangsangan, kesadaran, dan pencarian informasi. Pengukuran Brand awareness (Y1) dengan indikator konsumen paham merek produk, mampu membandingkan merek produk di antara pesaing, dan mampu mendeskripsi ciri merek produk dengan cepat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Promosi berpengaruh positif terhadap brand awareness produk sepatu olahraga yang digunakan; (2) Brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention; (3) promosi berpengaruh positif terhadap purchase intention. Brand awareness dapat menjadi mediasi antara promosi dan purchase intention
ANALISA PERBANDINGAN STORE IMAGE KONSUMEN ANTARA HYPERMARKET TOKO INDEPENDEN DAN HYPERMARKET DI PUSAT PERBELANJAAN Edwin Japarianto
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 9 No. 2 (2015): OKTOBER 2015
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.536 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.9.2.64-70

Abstract

This research was conducted to analyze the comparative of store image between Hypermarket at shopping centre and Hypermarket as independent store using perceptual mapping method. The research was conducted with distributing questioner to 300 respondents who has been shopping at least twice at one or both of those retail hypermarkets. Analysis tool which is used in this study is the analysis of Multidimensional Scaling (MDS).The results showed that each hypermarket has unique characteristics that require different management strategies.
PENGARUH CUSTOMER PERCEPTION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MELALUI MULTIATTRIBUTE ATTITUDE MODEL PADA PRODUK MAKANAN ORGANIK Yerosa Dian Putri Limantara
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 11 No. 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.197 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.11.2.69-78

Abstract

Penelitian membahas customer perception yang membentuk multiattribute attitude model dalam pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dari masyarakat Kota Surabaya dengan kategori usia remaja akhir (17-25 tahun), dewasa muda (26-35 tahun), dan dewasa akhir (36-45 tahun). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode path analysis dari variabel customer perception dengan dimensi kesehatan (X1), rasa (X2), keseimbangan ekosistem (X3), kualitas produk (X4), harga (X5), dan food safety (X6) sebagai variabel independen; variabel multiattribute attitude model sebagai variabel intervening dengan dimensi kepercayaan pada produk (Y1), kesadaran akan kesehatan dan lingkungan (Y2), dan atribut produk itu sendiri (Y3); sedangkan variabel minat beli sebagai variabel dependen diukur dengan dimensi minat transaksional (Z1), minat referensi (Z2), minat preferensi (Z3), dan minat eksploratif (Z4). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) customer perception memiliki pengaruh positif terhadap multiattribute attitude model; (2) variabel multiattribute attitude model memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik.
PENGARUH FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR MASYARAKAT SURABAYA DENGAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MEREK ZARA Elleinda Yulia Hermanto
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 10 No. 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.499 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.10.1.11-19

Abstract

Perkembangan bisnis ritel di Indonesia, khususnya kota Surabaya menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Selain itu kehidupan masyaraktnya pun juga semakin berkembang dimana semakin konsumtif dan memiliki gaya hidup serta pola belanja masyarakat (konsumen) yang senang mengikuti tren, mode, merek serta kualitas dan terkadang suasana hati juga dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari fashion involvement terhadap impulse buying behaviour masyarakat Surabaya dengan hedonic shopping motivation dan positive emotions sebagai variabel intervening pada merek ZARA. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar ke 100 responden yang sedang berbelanja di outlet ZARA dan menggunakan teknik analisis Data Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa fashion involvement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping motivation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying dan positive emotions berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying.
PENGARUH SERVICESCAPE DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Klinik Bersalin Bunga Mawarni Kota Banjar) Nila Nurochani; Deden Mulyana
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 11 No. 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.428 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.11.1.11-15

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Servicescape, citra merek, dan keputusan pembelian pada Klinik Bersalin “Bunga Mawarni”. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Data yang digunakan adalah data primer, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling yaitu convenience sampling dengan ukuran sampel sebanyak 200 responden. Alat analisis yang digunakan adalah path analysis.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  variabel servicescape dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH BRAND COMMUNICATION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER BASED BRAND EQUITY DAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. PLATINUM CERAMICS INDUSTRY DI SURABAYA Youvita Calista
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 10 No. 2 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.885 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.10.2.74-84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Komunikasi Merek (Tenaga Pemasar, Iklan, Pameran Dagang, Pemasaran langsung) terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Platinum Ceramics Industry di Surabaya dengan Pelanggan Berdasarkan Ekuitas merk dan Nilai Pelanggan sebagai intervensi variabel. Dilakukan dengan menyebar­kan kuesioner kepada 100 toko yang menjual produk Platinum di Surabaya. analisis kuantitatif dengan metode model analisis jalur digunakan untuk analisis teknis.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE Livya Setiawan
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 12 No. 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.674 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.12.1.53─60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Celebrity Endrosement terhadap Purchase Intention dengan mempertimbangkan faktor Brand Awareness. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah melihat Celebrity Endorsement di Instagram terhadap Green tea Esprecielo Allure. Teknik analisa yang digunakan merupakan teknik analisa kuantitatif.Hasil penelitian dari 100 masyarakat yang pernah melihat Advertising Celebrity Endorsement produk green tea Esprecielo Allure di Social media Instagram menemukan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh positive terhadap Purchase Intentionsecara langsung maupun tidak langsung melalui Brand Awareness
KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN: PERSEPSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP RESTORAN JEPANG DI KOTA SURABAYA Endo W. Kartika
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 9 No. 2 (2015): OKTOBER 2015
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.731 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.9.2.71-77

Abstract

The aim of the research is to identify the construct indicators for service quality based on the Japanese restaurants customer’s perspective in Surabaya, and explain the impact on service quality towards consumer satisfaction. A total of 100 people residing in Surabaya as respondents took part on the research using the DineSERV measurement by Stevens, Knutson, & Patton (1995). The analysis which are conducted consist of the Confirmatory Factor Analysis using SmartPLS 2.0 software, and Multiple Linear Regression using SPPS 23. The findings indicate that DineSERV can be applied as the construct indicators for service quality based on the people of Surabaya. Further result indicates that tangible and assurance dimension were positively but not significantly affect customer satisfaction; reliability and empathy were positively and significantly affect customer satisfaction; and responsiveness was negatively but not significantly affect customer satisfaction.
PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP ORGANIZATIONAL PERFORMANCE DENGANINTELLECTUALCAPITAL DANPERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG EMPAT DI JAWA TIMUR Daniel Laksana; Diah Dharmayanti
Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 12 No. 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.572 KB) | DOI: 10.9744/pemasaran.12.1.10-24

Abstract

Pertumbuhan pariwisata di Indonesia terutama di kota besar seperti Surabaya mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satunya yitu industri perhotelan. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, media digital digunakan dalam segala aktivitas pemasaran di industri perhotelan ini dalam rangka meningkatkan performa organisasi dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variable Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Terdapat 120 responden karyawan hotel bintang empat di Jawa Timur yang menjadi sampel. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis

Page 1 of 18 | Total Record : 173