SISFO
Vol 6 No 1 (2016)

PERENCANAAN KAPASITAS LAYANAN ATM BANK JATIM BERDASARKAN CAPACITY MANAGEMENT ITIL V3

Koesyairy, Aboeryzal Ahmed (Unknown)
Pribadi, Apol (Unknown)
Herdiyanti, Anisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2016

Abstract

Pada tahun 2011 Bank Jatim memiliki jumlah nasabah sebanyak 450000 orang yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 14% setiap tahunnya. Dengan kondisi tersebut, layanan ATM Bank Jatim harus memiliki tingkat ketersediaan dalam waktu 24 jam setiap harinya guna memenuhi kebutuhan bisnis dan tingkat layanan. Salah satu cara untuk menjamin ketersediaan layanan ATM Bank adalah dengan mengurangi risiko kegagalan sumber daya pendukung layanan dengan manajemen kapasitas teknologi informasi (TI). Selain itu Bank Jatim harus memenuhi kontrol pemantauan operasional TI pada DS3 COBIT 4.1 yang diacu sebagai tata kelola TI-nya. Oleh karena itu, Bank Jatim perlu melakukan manajemen kapasitas guna menjaga kualitas layanan dan memenuhi regulasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada manajemen kapasitas berdasarkan ITIL V3. Input manajemen kapasitas pada Bank Jatim didapatkan dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perencanaan kapasitas, 7 (tujuh) rekomendasi peningkatan kapasitas, dan 4 (empat) skenario bisnis layanan ATM Bank Jatim. Dengan adanya perencanaan kapasitas, Bank Jatim dapat mempertimbangkan keputusan mengenai kapasitas yang berkaitan dengan TI yang mendukung layanan ATM.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sisfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

urnal SISFO is an Open Access Academic Journal dedicated to publishing high-quality research in information systems (IS) discipline. It aims to provide an opportunity for IS researchers to publishing their original works openly and conveniently while complying with scientific review process as an ...