cover
Contact Name
Eko Wahyu Tyas Darmaningrat
Contact Email
tyas@is.its.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
editor@jurnalsisfo.org
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
SISFO
ISSN : 19793979     EISSN : 23014237     DOI : -
urnal SISFO is an Open Access Academic Journal dedicated to publishing high-quality research in information systems (IS) discipline. It aims to provide an opportunity for IS researchers to publishing their original works openly and conveniently while complying with scientific review process as an open access journal. Jurnal SISFO issues three times a year in January, May and September.
Arjuna Subject : -
Articles 51 Documents
PENGEMBANGAN FUNGSI PENGAJUAN CUTI KARYAWAN PADA SISTEM ABSENSI MOBILE Adikara, Fransiskus
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan saat ini membutuhkan sistem informasi yang dapat mengelola informasi sumber daya manusia yang berkerja. Salah satu fungsi yang dibutuhkan dalam pengelolaan sumber daya manusia yaitu mengenai pengelolaan cuti karyawan. Untuk memenuhi kebetuhan tersebut, maka dikembangkan fungsi pengajuan cuti karyawan melalui aplikasi absensi di sistem absensi melanjutkan penelitian sebelumnya mengenai perancangan sistem absensi berbasis GPS dan pemanfaaatan MacAdrress. Tujuan yang ingin dicapai adalah karyawan dapat mengajukan cuti secara mandiri melalui perangkat mobile-nya yang menggunakan minimal sistem operasi Android 4.x untuk dikombinasikan dengan sistem Absensi berbasis GPS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem dengan Extreme Programming. Hasil dari sistem absensi yang dikembangkan menunjukkan bahwa telepon pintar berbasis sistem operasi Android dapat digunakan untuk mengajukan cuti karyawan secara mandiri. Keberlanjutan dari sistem ini adalah pengembangan pula fasilitas login sistem yang lebih kredibel contohnya dengan menambahkan fasilitaspemindai data biometrik dari penggunanya.
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI SEBARAN RUMAH TANGGA MISKIN KELURAHAN PUHUN TEMBOK BUKITTINGGI Fithriyyah, Ulfa; Akbar, Fajril; Suryamen, Haris
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota besar di Sumatera Barat dengan angka kemiskinan yang tinggi.Bukittinggi menempati urutan ke empat tertinggi Sumatera Barat dengan 4.96% dari jumlah penduduknya adalah penduduk miskin. Bukittinggi tercatat memiliki 2.694 rumah tangga miskin yang tersebar di 3 kecamatan dengan 24 kelurahan. Kelurahan Puhun Tembok menempati urutan ketiga tebanyak bagi rumah tangga miskin. 163 rumah tangga miskin yang ada tersebar pada wilayah yang memiliki luas kurang lebih 70,9 km2. Lokasi yang tersebar dan informasi setiap rumah tangga miskin yang tidak akurat mengakibatkan program pengentasaan kemiskinan menjadi tidak tepat sasaran. Oleh karena ini dibangunlah sistem informasi berdasarkan lokasi rumah tangga miskin Kelurahan Puhun Tembok yang berbasis web. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall. Aplikasi memiliki 7 kebutuhan fungsional, diantaranya pencarian rumah tangga miskin berdasarkan RW, bantuan yang diterima, pencarian rumah tangga miskin terdekat serta rute menuju rumah tangga miskin. Fungsional aplikasi diuji oleh 5 orang penguji. Hasil pengujian menunjukkan 7 kebutuhan fungsional yang dirancang telah dipenuhi oleh aplikasi.
PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) MANAJEMEN AKSES UNTUK APLIKASI E-PERFORMANCE BINA PROGRAM KOTA SURABAYA BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3 DAN ISO 27002 Wicaksana, Wildan Radista; Herdiyanti, Anisah; Susanto, Tony Dwi
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu diantara aplikasi yang dikembangkah oleh Bagian Bina Program Pemerintah Kota Surabaya adalah aplikasi E-Performance. Aplikasi ini memungkinkan kontrol kinerja individu di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Terlepas dari kompeksitas aplikasi karena melibatkan berbagai level pengguna aplikasi yang berbeda, aplikasi E-Performance belum dilengkapi dengan standar penyelenggaraan proses dalam mengelola level hak akses. Diantara permasalahan yang timbul terjadinya redudansi peran (roles) yang berpotensi penyalahgunaan wewenang. Sebuah prosedur operasional standar (SOP) dapat memastikan perilaku pengguna terhadap sistem sesuai dengan standar yang diacu. Penelitian ini berfokus kepada pembuatan SOP untuk manajemen akses yang dibangun melalui analisis kesenjangan kondisi kekinian dengan kondisi ekspektasi (ideal). Selanjutnya langkah-langkah dalam pengelolaan akses dideskripsikan ke dalam dokumen prosedur dan formulir. Hasil dari penelitian ini berupa 6 (enam) prosedur dan 12 formulir. Dengan adanya dokumen SOP tersebut diharapkan dapat mengontrol penggunaan aplikasi berdasarkan level hak akses yang dimiliki oleh pengguna sekaligus melindungi aset informasi yang bersifat rahasia.
PERENCANAAN KAPASITAS LAYANAN ATM BANK JATIM BERDASARKAN CAPACITY MANAGEMENT ITIL V3 Koesyairy, Aboeryzal Ahmed; Pribadi, Apol; Herdiyanti, Anisah
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada tahun 2011 Bank Jatim memiliki jumlah nasabah sebanyak 450000 orang yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 14% setiap tahunnya. Dengan kondisi tersebut, layanan ATM Bank Jatim harus memiliki tingkat ketersediaan dalam waktu 24 jam setiap harinya guna memenuhi kebutuhan bisnis dan tingkat layanan. Salah satu cara untuk menjamin ketersediaan layanan ATM Bank adalah dengan mengurangi risiko kegagalan sumber daya pendukung layanan dengan manajemen kapasitas teknologi informasi (TI). Selain itu Bank Jatim harus memenuhi kontrol pemantauan operasional TI pada DS3 COBIT 4.1 yang diacu sebagai tata kelola TI-nya. Oleh karena itu, Bank Jatim perlu melakukan manajemen kapasitas guna menjaga kualitas layanan dan memenuhi regulasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada manajemen kapasitas berdasarkan ITIL V3. Input manajemen kapasitas pada Bank Jatim didapatkan dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perencanaan kapasitas, 7 (tujuh) rekomendasi peningkatan kapasitas, dan 4 (empat) skenario bisnis layanan ATM Bank Jatim. Dengan adanya perencanaan kapasitas, Bank Jatim dapat mempertimbangkan keputusan mengenai kapasitas yang berkaitan dengan TI yang mendukung layanan ATM.
PEMERINGKATAN WEBSITE DISPENDUKCAPIL PADA IBUKOTA PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN PERATURAN DEPKOMINFO DAN CELAH KEAMANANNYA Chamdini, Yuanita Aulia; Hidayanto, Bekti Cahyo; Susanto, Tony Dwi
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan e-government di Indonesia merupakan pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk membantu proses bisnis pemerintah yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya dengan penerapan layanan public secara online. Penelitian ini meneliti sejauh mana tingkat pengembangan website Dispendukcapil serta tingkat keamanannya. Dalam tahapan pengujian data digunakan alat yang telah dilakukan oleh penelitian sebelumnya, dan juga menggunakan tool untuk mengetahui tingkat keamanan website. Alat ukur tersebut mencakup seluruh penelitian milik Marany dan Jayashree serta peraturan Depkominfo. Sedangkan, pengujian keamanan menggunakan tool Acunetix WVS dan hasil yang didapatkan menjadi pertimbangan expert judgement untuk menganalisa tingkat kerawanannya. Hasil dari penelitian ini adalah proses evaluasi website Dispendukcapil yang ditinjau dari Buku Panduan Depkominfo serta ditinjau berdasarkan celah keamanannya. Pada akhirnya akan dilakukan pemeringkatan website berdasarkan masingmasing kategorinya dan berdasarkan celah keamanannya. Jadi dengan adanya penelitian ini memberikan saran bagi website Dispendukcapil Ibukota Provinsi dalam pembuatan dan perawatan website khususnya pada hal keamananya agar lebih maksimal.
IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN FILE DENGAN METODE STEGANOGRAFI EOF DAN ENKRIPSI CAESAR CIPHER Indriyono, Bonifacius Vicky
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya perkembangan komunikasi data membuat aspek keamanan dan kerahasiaan informasi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena banyak informasi yang bersifat rahasia yang beresiko diambil oleh pihak yang tidak berkepentingan. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data dalam bidang teknologi informasi dapat dilakukan dengan menerapkan teknik kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan data, sedangkan steganografi adalah ilmu dan seni yang digunakan untuk menyembunyikan pesan ke dalam suatu media. Media tersebut dapat berupa gambar, audio, atau video. Dalam penelitian ini, akan dibuat sebuah aplikasi yang mengkombinasikan algoritma Caesar cipher dan steganografi End Of File (EOF). Tahap uji coba dimulai dengan melakukan pengacakan isi file bertipe teks dengan metode Caesar cipher. Setelah isi file teracak, selanjutnya file disisipkan ke dalam gambar yang telah terpilih. Untuk dapat membaca pesan kembali, maka pesan didekripsi dan hasil dekripsi akan disimpan pada file teks yang baru.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN SAP MODUL PLANT MAINTENANCE DI PT. LEN INDUSTRI Pratama, Dwi; Witjaksono, Wahjoe; Ambarsari, Nia
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan kegiatan pemeliharaan mesin dan peralatan produksi yang terdapat pada PT. Len Industri (Persero) permasalahan yaitu tidak terdapatnya tempat penyimpanan riwayat kegiatan pemeliharaan dan notifikasi status ketersediaan mesin secara real time. Solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan sistem ERP yang menerapkan sistem database terpusat sehingga data tersimpan dengan baik dan kegiatan pemeliharaan dapat terintergrasi dengan bagian terkait. Salah satu vendor ERP yang menyediakan solusi untuk kegiatan pemeliharaan mesin adalah SAP dengan modul Plant Maintenance. Penerapan SAP ERP ini  menggunakan metode ASAP dengan tahapan yaitu perumusan masalah, penentuan tujuan, analisis proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis SAP ERP, analisis gap fit, analisis risiko, konfigurasi dan pengujian aplikasi. Berdasarkan konfigurasi dan pengujian sistem yang dilakukan, SAP ERP dapat diterapkan pada PT. Len Industri (Persero).
PDITS: APLIKASI PANGKALAN DATA TERPADU UNTUK MENDUKUNG INTEGRASI MULTI SISTEM INFORMASI DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER Purwitasari, Diana; Yuhana, Umi Laili; Rahman, Arief; Setiawan, Bambang; Affandi, Achmad
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi wajib dilaporkan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) yang terintegrasi secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas publik layanan pendidikan. Untuk mendukung proses bisnis kegiatan pendidikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mengembangkan banyak sistem informasi. Data-data pada masing-masing sistem diintegrasikan di suatu pangkalan data terpadu ITS disebut PDITS sesuai konsep satu kali entri data untuk banyak pemanfaatan yang membantu dalam pelaporan ke PDPT. Pada makalah ini diuraikan suatu cara mengintegrasikan data dari beberapa sistem informasi dengan melakukan penarikan data dan penyesuaian data tersebut ke model basisdata terpusat PDITS. Selanjutnya pemanfaatan data ke sistem informasi lain dilakukan dengan memproses data PDITS ke format data sesuai kebutuhan. Hasil sistem PDITS yang meliputi tiga tahap utama: Impor, Validasi dan Proses menunjukkan kemudahan sistem integrasi sehingga dapat dilakukan oleh staf non teknis. Meskipun demikian pengembangan masih perlu dilakukan untuk integrasi dengan lebih banyak sistem informasi lainnya.
IDENTIFIKASI JENIS OBAT BERDASARKAN GAMBAR LOGO PADA KEMASAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES Rahayuda, I Gede Surya
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak masyarakat yang sering mengkonsumsi obat untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit maupun menyembuhkan sakit. Jenis obat sudah ditetapkan baik secara nasional maupun international, umumnya jenis obat ini dituliskan berupa logo pada kemasan obat. Terdapat sangat banyak jenis obat yang telah disetujui oleh pemerintah dan telah beredar di masyarakat, pada penelitian ini saya menggunakan 4 jenis obat modern dan 3 jenis obat herbal, total akan terdapat sebanyak 7 macam logo yang akan digunakan. Dalam penelitian ini saya ingin membuat suatu aplikasi yang dapat mengindentifikasi jenis obat berdasarkan logo yang terdapat pada kemasan. Untuk mengidentifikasinya, dapat dilakukan dengan cara memfoto logo pada kemasan obat. Kemudian gambar disimpan dan kemudian diproses oleh aplikasi yang telah dibuat, aplikasi akan memberikan informasi berupa jenis obat. Aplikasi akan dibuat menggunakan MATLAB dan metode yang digunakan untuk klasifikasi gambar adalah Naive Bayes.
PENERAPAN DEEP SENTIMENT ANALYSIS PADA ANGKET PENILAIAN TERBUKA MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR Riany, Jane; Fajar, Mohammad; Lukman, Musfirah Putri
SISFO Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Department of Information Systems, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses penilaian dan analisis angket terbuka secara manual membutuhkan biaya yang tinggi. Olehnya itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan deep sentiment analysis pada angket penilaian terbuka menggunakan K Nearest Neighbor (KNN). Data angket yang digunakan yaitu angket penilaian perkuliahan terhadap dosen di STMIK KHARISMA Makassar yang diisi oleh setiap mahasiswa diakhir semester. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan uji coba deep sentiment analysis menggunakan Ms.Excel. Proses penerapan deep sentiment analysis dilakukan dengan mengkategorikan data uji kedalam tiga kategori yaitu: cara mengajar, waktu perkuliahan, dan harapan. Selanjutnya kategori tersebut diproses secara mendalam (deep) dengan melakukan preprocessing tanpa stemming, pembobotan kata menggunakan Term Frequence–Inverse Document Frequence, menghitung tingkat kemiripan antara data latih dan data uji, menentukan koefisien dan melakukan klasifikasi serta penetuan apakah data bermakna positif atau negatif. Evaluasi menunjukkan sistem mampu mengklasifikasikan data uji ke dalam tiga kategori deep sentiment analysis dengan hasil pengujian rata-rata tingkat keberhasilan sistem menemukan informasi sebesar 95,6%, rata-rata tingkat ketepatan sebesar 59,4%, dan tingkat harmonisasi keduanya sebesar 73,3%.