Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan upaya menjembatani pola berpikir siswa tingkat SD/MI yang masih dalam tahap konkret dengan objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Pokok bahasan geometri merupakan salah satu contoh objek kajian matematika yang notabene abstrak. Seringkali pembelajaran geometri di SD/MI dilakukan dengan menggunakan gambar baik dengan menunjukkan gambar yang sudah ada atau menggambar ulang. Akan tetapi pembelajaran geometri dengan cara demikian ternyata tidak cukup efektif bagi siswa tingkat SD/MI karena menganggap gambar sebagai bentuk semi konkret. Oleh karena itu, diperlukan alat peraga yang dapat menjembatani perbedaan tersebut. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah geoboard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga geoboard yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri di Kelas IV SDN Rawa Kidang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian one group design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yangsebelumnya telah diketahui normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri.
Copyrights © 2017