Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016

Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika

Sobri Sobri (MIN 1 Kota Cilegon)
Khaeroni Khaeroni (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2017

Abstract

Sering dijumpai siswa yang tidak tuntas pada suatu materi tertentu bukan karena tidak memahami materi tersebut, melainkan karena tidak menguasai konsep dasar dari materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk membelajarkan konsep dasar matematika menggunakan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan mental siswa. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, pembelajaran kontekstual dengan menggunakan alat peragadapat menjembatani pemahaman siswa pada ranah konkret dengan konsep dasar matematika yang bersifat abstrak sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penggunaan alat peraga pada pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konsep dasar matematika. Selain itu, juga untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dasar matematika dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 Siklus. Terdapat tiga indikator yang dipilih sebagai kriteria pemahaman konsep dasar matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dasar matematika yang dilihat dari peningkatan keberhasilan pencapaian setiap indikator pemahaman konsep dasar matematika. Dari hasil evaluasi, refleksi, dan perbaikan yang dilakukan pada akhir siklus, diperoleh deskripsi penggunaan alat peraga dalam tiga langkah, yaitu 1) Guru mendemonstrasikan langkah penggunaan alat peraga secara perlahan dan mendetail untuk menjelaskan konsep dasar matematika disertai dengan contoh soal dan bagaimana menyelesaikan soal tersebut dengan menggunakan alat peraga; 2) Beberapa orang siswa diminta maju ke depan untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan alat peraga yang sama. Proses ini perlu dilakukan lebih dari sekali; dan 3) Alat peraga digunakan secara berpasangandi dalam kelompok dengan didampingi guru.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...