Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 8 No 1 (2016): Juni 2016

Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi

Tatu Malihah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten)
Sabri Sabri (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran PPKn menismulasikan nilai-nilai persatuan pada masa islam di Indonesia di MI Hubbul Wathan Karang Tanjung Pandeglang masih dipandang kurang menarik serta minat belajar siswa yang rendah sehingga membuat siswa pasif selama proses pembelajaran yang mengakibatkan ketuntasan belajar tidak sesuai dengan kriteria maksimum. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh bahan ajar, metode dan penguasaan kelas serta media pembelajaran yang masih bersifat teacher centre. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus (65), siklus I (67.61), siklus II (85,47). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...