RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 1 (2017): Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Januari - Juni 2017

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI JARINGAN LAN (Studi Kasus Kelas XI Di SMK Negeri 8 Padang)

Rifkimaster Ananda (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang)
Yuliawati Yunus (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2017

Abstract

Metode penelitian diperlukan dalam melakukan langkah-langkah yang sistematis, terencana dan mengikuti konsep ilmiah, agar hasil dari penelitian dapat memberikan gambaran yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada siswa kelas XI pada mata pelajaran Instalasi jaringan LAN SMK Negeri 8 Padang tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini adalah Eksperimen selalu dilakukan dengan maksud untuk melihat akibat suatu perlakuan”.Sedangkan menurut Sumadi Suryabrata (2010:88) mengatakan  bahwa, “Tujuan dari penelitian eksperimen adalah untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab akibat.Analisa data dilakukan menggunakan program statistik Ms. Excel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 SMK Negeri 8 Padang yang terdiri dari dua kelas dengan masing-masing kelas terdiri dari 30 orang siswa dengan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive sampling.sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 2 dan kelas XI TKJ 2 semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 SMK Negeri 8 Padang yang terdiri dari dua kelas. Dimana kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas control juga berjumlah 30 orng siswa. Berdasarkan pengukuran hasil belajar siswa diketahui bahwa pada kelas eksperimen hasil belajar siswa memiliki rata-rata skor 80.80 yang berarti bahwa secara rata-rata siswa telah lulus dari Kritieria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni > 80. Sedangkan pada kelompok kontrol diketahui rata-rata skor siswa adalah 70.27 dengan arti bahwa siswa secara rata-rata masih berada dibawah KKM. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa thitung > ttabel dengan skor 2.767 > 2.000 ini berarti Ha diterima. Maka penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran LAN di kelas XI jurusan TKJ SMK N 8 Padang.Jadi terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...