LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 2, No 1 (2017): LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra

EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIBABANGUN TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Fitri Agustina Lubis (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauhmana peningkatan Aktivitas siswa terhadap pelajaran biologi, yang diujicobakan kepada kelas VIII1 sebanyak 40 orang  siswa SMP Negeri 1 Sibabangun pada pokok bahasan Sistem pencernaan pada manusia diperoleh 24 (60%) siswa tidak mencapai nilai tuntas dan hanya 16 (40%) orang siswa yang mencapai nilai tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SMP Negeri 1 Sibabangun yaitu 65. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen alat penyimpulan data yang digunakan adalah tes hasil aktivitas belajar  sistem pencernaan pada manusia yang berbentuk essay test sebanyak 12 butir soal dan observasi tentang aktivitas belajar siswa. Populasi berjumlah 80 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah masing-masing 40 orang siswa. Dari data analisis diperoleh beberapa temuan yaitu hasil tes aktivitas siswa pada materi siswa pencernaan pada manusia dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) (X1) dengan nilai rata-rata sebesar 75,62 sedangkan hasil tes =aktvitas siswa dalam pembelajaran metode ceramah (X2) dengan nilai rata-rata sebesar 63,75.Simpulan yang diperoleh peneliti berdasarkan hasil pengamatan observasi aktivitas siswa diperoleh 80,4% dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,15lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 (5,15 > 1,99) maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe think pair share (TPS) atau lebih tinggi daripada dengan metode ceramah pada materi sistem pencernaan pada manusia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pelajaran 2015-2016. Kata Kunci    :    Model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), Aktivitas, Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...