NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERINGATAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN DAN INVESTASI PESERTA DIDIK KELAS X PON-PES MUHAMMADIYAH KHA.DAHLAN SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Zainab Rambe (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Benny Sofyan Samosir (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk metode pembelajaran peringatan dan pemberian motivasi. Tes untuk peningkatan minat. Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment ganda : r_(yx1 x2) = √((r_(yx1 + )^2 r_(yx2 -〖2r〗_(yx1 ) r_(yx2 r_(x1x2 ) ))^2)/(1 -r_(x1 x2)^2 )) Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui korelasi product moment ganda maka diperoleh nilai r hitung 0,963dan nilai rtabel 0,361 taraf kesalahan 5% dengan N= 30. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa rhitung lebih besar dari yaitu0,963>0,361 dapat dikatakan bahwa Ada Penerapan Metode Pembelajaran Peringatan Dan Pemberian Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan Dan Investasi Peserta Didik Kelas X Pon-Pes Muhammadiyah KHA. Dahlan Sipirok Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Konsumsi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...