NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

METODE BELAJAR DISKUSI DAN MIND MAPPING DIPILIH KARENA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN MINAT PELAJAR PADA BIDANG STUDI SOSIOLOGI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

sahru romadona (Guru sosiologi SMA Negeri 8 Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2018

Abstract

Permasalahan dan kendala yang dialami para pelajar SMA Negeri 8 Padangsidimpuan pada saat belajar sosiologi terletak pada kebiasaan atau tingkah laku dan dalam cara berpikir. Sebagai pemecahan masalah pengajar mempersilahkan pelajar untuk bebas memilih metode belajar apa saja yang mereka inginkan dan mereka kuasai agar dapat memenuhi standar nilai di sekolah. Apabila para pelajar telah menguasai metode belajar yang mereka pilih maka otomatis para pelajar akan mendapatkan manfaat dari metode belajar yang telah digunakan tersebut. Manfaat akan dirasakan pada saat belajar, saat ulangan harian, dan saat ujian, yaitu mampu menguasai materi sosiologi yang di bahas dan dapat menjelaskan kembali materi tersebut. Daam penelitian ini, pengajar menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan metode deskriptif pengajar sekaligus peneliti akan memaparkan proses dan hasil belajar para pelajar dengan masing-masing metode belajar yang digunakan. Kata Kunci: Metode Belajar, Minat, Bakat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...