Koperasi merupakan salah satu organisasi bidang jasa keuangan non-bank yang menempatkan kepentingan dan kesejahteraan anggota pada posisi sentral dari keseluruhan aktivitas koperasi,. Namun pada kenyataannya banyak koperasi yang pada kegiatannya fokus terhadap faktor finansial termasuk Koperasi Serba Usaha (KSU) UM Malang sehingga sisi customer dan karyawan sedikit terabaikan. Konsep Balanced Scorecard hadir untuk membantu perusahaan mengetahui sejauh mana hasil pencapaian kinerja melalui empat perspektif. Terdapat empat perspektif dalam Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja Koperasi Serba Usaha (KSU) UM Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuk 15 KPI (Key Performance Indicator) yang terdiri dari 3 KPI pada perspektif keuangan, 4 KPI pada pespektif pelangaan, 5 KPI pada perspektif proses bisnis internal, serta 3 KPI pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Secara keseluruhan, indeks pencapaian kinerja yang dicapai sebesar 6,593 dengan kategori sedang.
Copyrights © 2018