Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2018 "Inovasi IPTEKS untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan"

STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI MALANG RAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PELAKU EKONOMI LOKAL

Tuti Hastuti (Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang)
Marjani AT (Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang)
Endah Puspitasarie (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan menunjang keberhasilan ekonomi kreatif di Malang Raya; 2) Merumuskan model pengembangan ekonomi kreatif daerah Malang Raya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian tahun kedua ini adalah: Analytical Hierarchy Process. Hasil analisa SWOT pada penelitian sebelumnya (tahun pertama) memperlihatkan posisi strategis ekonomi kreatif Malang Raya adalah tumbuh dan berkembang. Alternatif strategi yang dapat diterapkan kedepan pada masa mendatang yang terdiri atas strategi pengembangan pasar. Terdapat empat pilihan strategi yang dapat dilakukan untuk memperbesar penjualan dan pangsa pasar, adalah: Market Penetration, Market Development, Product Development dan Diversification. Dari hasil akhir analisa Analytical Hierarchy Process, Market Development terpilih menjadi strategi prioritas dalam model pengembangan ekonomi kreatif di Malang Raya. Strategi ini adalah dengan memasarkan produk yang sudah ada kepada pasar baru. Pasar dikembangkan agar muncul para pelanggan baru, antara lain dengan pengembangan pasar ekspor atau mencari area penjualan baru.

Copyrights © 2018