Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Sani, Ridwan A (Unknown)
Handayani, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa SMA.Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas X MIA FD A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika terhadap hasil belajar siswa SMA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...