Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 2 No 1 (2019): Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019

Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui PjBL

Devi, Swastantika Kumala (Unknown)
Ismanto, Bambang (Unknown)
Kristin, Firosalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model pembelajaran  project based learning dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Blotongan. Penelitian ini menggunakan dua siklus, masing-masing siklus memiliki prosedur antara lain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data kualitatif berupa analisis data kemandirian dan data kuantitatif berupa analisis data ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar tematik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa pada pra siklus sebesar 50 %, siklus 1 sebesar 85%  dan siklus II sebesar 100%. Hal ini berdampak pada ketuntasan belajar yang meningkat menjadi 85%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...