cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jartika.rekarta@gmail.com
Editorial Address
https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
ISSN : 26222159     EISSN : 26224763     DOI : https://doi.org/10.36765/jartika
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. Adapun cakupan publikasi JARTIKA adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang kependidikan, meliputi (1) matematika dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, sains, ICT, dan aplikasinya); (2) ilmu sosial, sejarah, geografi, budaya, dan ekonomi; (3) bahasa dan sastra, dan (4) pendidikan dasar. JARTIKA terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 105 Documents
Kombinasi delphi XE8 dan ms access dalam desain aplikasi DASS Al Musthafa, Syaharuddin; Febriana, Evi; Mandailina, Vera
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software Delphi XE8 yang dikombinasikan dengan Microsoft Access menjadi aplikasi baru bertipe Setup Compiler yang disebut DASS. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Aplikasi ini dikembangkan berbasis Setup Compiler merupakan aplikasi dengan memori kecil dan mudah dalam proses penyebaran dan dirancang dengan dua jenis file yakni Installer dan Portable sehingga mudah dalam distribusi file ke pengguna khususnya mahasiswa dan dosen. Validator memberikan respon rata-rata sebesar 4,28 yang berarti “valid”. Sedangkan pada uji coba lapangan rata-rata responden memberikan respon sangat baik dengan nilai 88,20%. Hasil akhir diperoleh 24 Form / GUI Delphi yang telah dikembangkan dengan pemanfaatan AlphaSkins yang sangat menarik. Kata kunci: Delphi XE8, Database, DASS   Abstract: This study aims to develop Delphi XE8 software combined with Microsoft Access into a new application of the type of Setup Compiler called DASS. This application development uses 4-D development methods (Define, Design, Develop, and Disseminate). This application was developed based on Setup Compiler is an application with a small memory and easy in the process of deployment and is designed with two types of files Installer and Portable so easy in the distribution of files to users, especially students and lecturers. Validator gives an average response of 4.28 which means "valid". While on field trial average respondents give very good response with value 88.20%. The end result obtained 24 Delphi Form / GUI which has been developed with the use of Alpha Skins very interesting. Keywords: Delphi XE8, Database, DASS
Peningkatan keterampilan menulis paragraph melalui penerapan kegiatan menulis jurnal bagi siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Praya Sorenggana, Heppy Suriadin
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus untuk mengetahui kebernmanfaatan penerapan kegiatan menulis jurnal untuk meningkatkan kemampuan menulis pragraf terhadap siswa kelas VIII SMPN 5 Praya, melalui pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data digunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa menulis, yaitu 36%  pada siklus pertama, 48% pada siklus dua, dan 66% pada siklus tiga. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis pragraf terhadap siswa kelas VIII SMPN 5 Praya melalui penerapan kegiatan menulis jurnal. Kata kunci: Menulis Paragraf, Menulis Jurnal, Penilaian Autentik   Abstract:  Class Action Classification with 2 cycles to know the usefulness of the implementation of journal writing activities to improve the ability of writing pragraf to students of class VIII SMPN 5 Praya year 2015/2016, through qualitative descriptive approach, data collection method used observation, interview, and documentation. The results showed that there was an increase in students writing activity, ie 36% in the first cycle, 48% in cycle two, and 66% in cycle three. It was concluded that there was an increase of writing ability of pragraf to grade VIII students of SMPN 5 Praya through the application of journal writing activity. Keywords: Writing Paragraph, Journal Writing, Authentic Assessment
Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning kelas IV SD Yuniawardani, Vanny; Mawardi, Mawardi
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian agar mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning pada Kelas IV SD N Gendongan 03. Jenis penilitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK atau classroom action research. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan ketika sekelompok orang (siswa) diidentifikasi permasalahannya, kemudian peneliti menetapkan suatu tindakan untuk mengatasinya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2018 pada siswa kelas 4 SDN Gendongan 03. Hasil penelitian dibuktikan dengankenaikan nilai dari kondisi awal ketuntasan kondisi belajar sebanyak 24 siswa (66,7%) meningkat pada siklus I sebanyak 28 siswa (77,8%) dan pada siklus siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 siswa (86,1%). Dapat disimpulkan bahwa penelitian tersebut berhasil.  Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar, Matematika     Abstract: The purpose of research to determine the results of learning mathematics using Problem Based Learning model in Class IV SD N Gendongan 03. Type of research that is a Classroom Action Research or PTK or Classroom Action Research. Class Action Plan (PTK) is a research action (action research) that compiled a group of people, which then researchers set action to overcome them. This research was conducted on April-May 2018 at 4th grade students of SDN Gendongan 03. The result of this research was proved by the improvement of the initial condition of the completeness of learning condition as much as 24 students (66,7%) increase in cycle I 28 students (77,8%) and in the second cycle increased to 31 students (86.1%). It can be concluded that the research was successful.  Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes, Mathematics
Peningkatan keterampilan berfikir kritis melalui model problem based learning berbantuan audio visual pada siswa kelas IV SD Vera, Kresensia; Wardani, Krisma Widi
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis melalui model PBL berbantuan audio visual pada siswa kelas 4 SDN Salatiga 01. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan prosedur perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model PBL berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 18 orang siswa mencapai kategori kritis dengan persentase 42,85%, sedangkan 20 orang siswa mencapai kategori cukup kritis dengan persentase 47,61%. Selanjutnya 2 orang siswa mencapai kategori sangat kritis dengan persentase 4,76%, dan 2 orang siswa mencapai kategori sangat tidak kritis dengan persentase 4,76%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 5 orang siswa yang mencapai kategori sangat kritis dengan persentase 11,90%. Sedangkan ada 37 orang siswa yang mencapai kategori kritis dengan persentase 88,09%.  Kata Kunci :    Abstract: The purpose of this research is to improve critical thinking skill through the model of Problem Based Learning which helped with visual audio to students in grade 4 at the 01 Public Elementary School in Salatiga, the type of this research is Class Action Research (CAR), using procedure of planning, action, implementation of the action and observation and then reflection. The instrument of the data collection is using observation sheets, the questions of the test and questionnaires. Based on the results of the research was found that the use of problem based learning model with visual audio to improve students critical thinking skills. At the first cycle increased to 18 students reached the critical category with the percentage of 42.85%, where as 20 students reached the category critical enough with the percentage of 47.61%. After that 2 students reach the category very critical with the percentage of 4.76%, and 2 students reach the category which is not very critical with the percentage 4.76%. In the second cycle there was a significant increase of 5 students who reached the category very critical with the percentage of 11.90%. Even though there are 37 students who reached the critical category with the percentage of 88,09%. Keywords: Critical Thinking Skills, Audio Visual, Model PBL
Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan supervisi akademik kolaboratif di SMP Negeri 6 Pujut Fadil, Lalu
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus untuk mengetahui Apakah Penerapan Supervisi Akademik Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 6 Pujut. Metode pengumpulan data digunakan observasi, interview, dan dokumentasi dengan lembar instrumen supervisi. Hasil belajar siswa siklus I, persentase rata-rata Pra Siklus yang 60,50% meningkat menjadi angka persentase yang cukup tinggi yaitu 71,25% dengan katagori cukup. Hasil belajar siswa siklus II, rata-rata persentase pencapaian pada siklus 1 yang berjumlah 71,25% dengan katagori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 81,00% dengan katagori baik. Hasil ini sungguh merupakan hasil kegiatan pembimbingan penyusunan RPP yang cukup membanggakan peneliti. Dengan demikian, penerapan Supervisi Akademik Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 6 Pujut dinyatakan efektif. Kata Kunci: Guru, RPP, Supervisi Akademik Kolaboratif   Abstract: Classroom Action Research with 2 cycles to find out whether the Application of Collaborative Academic Supervision can improve teachers ability in developing Learning Implementation Plan (LIP) in SMP Negeri 6 Pujut. Methods of data collection used were observation, interview, and documentation with supervision instrument sheet. Student learning outcomes in cycle I, the average percentage of Pre-Cycle that 60.50% increased to a fairly high percentage of 71.25% with enough categories. Student learning outcomes in cycle II, the average percentage increased to 81.00% with a good category. Thus, the application of Collaborative Academic Supervision can improve teachers ability in developing Learning Implementation Plan (RPP) in SMP Negeri 6 Pujut declared effective. Keywords: Teacher, LIP, Collaborative Academic Supervision
Upaya meningkatkan prestasi siswa dalam gerak dasar permainan bola basket dengan teknik bermain lempar tangkap bola tenis pada siswa kelas IX semester 1 di SMP Negeri 1 Praya Timur Lombok Tengah Rahban, Rahban
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus untuk mengetahui Apakah Penerapan Permainan Lempar Tangkap Bola Tenis dapat Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Gerak Dasar Permainan Bola Basket pada Siswa Kelas IX Semester 1 di SMP Negeri 1 Praya Timur Lombok Tengah, melalui pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data digunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 70,0 ketuntasan klasikal 61,54%. Siklus II rata-rata hasil belajar 85,4 ketuntasan klasikal 88,46%.  Sehingga Penerapan Permainan Lempar Tangkap Bola Tenis Dalam Gerak Dasar Permainan Bola Basket pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Praya Timur Tahun 2014/2015 dapat meningkatkan Prestasi Belajar. Kata Kunci: Prestasi, Gerak Dasar, Teknik Bermain   Abstract: Classroom Action Research with 2 cycles to find out whether the Application of Tennis Ball Throwing Game Can Improve Student Achievement In Basic Motion of Basketball Game on Grade IX Students of Semester 1 at SMP Negeri 1 East Praya, through descriptive approach qualitative, data collection method used observation, interview, and documentation. Student learning outcomes cycle I average 70.0 classical completeness 61.54%. Cycle II average learning outcomes 85.4 classical completeness 88.46%. So the Application of Games Throwing Ball Tennis In Basic Motion of Basketball Game on Class IX Students at SMP Negeri 1 East Praya can improve Learning Achievement. Keywords: Achievement, Basic Motion, Playing Technique
Contruction of desain gui the null hypothesis significante testing (G-NHST) using Delphi XE8 Rusmayadi, Muh.; Darmasih, Darmasih; Nasrullah, Ahmad
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Mahasiswa masih menggunakan cara manual dalam mengolah data penelitiannya karena mereka tidak mampu menggunakan dan menginterpretasi hasil perhitungan dari software uji statistik yang sudah ada seperti SPSS, Minitab dan lain sebagainya. Sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan perhitungan yang berakibat hasil penelitian tidak valid. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan aplikasi uji hipotesis penelitian kuantitatif berbasis desktop menggunakan Delphi yang dikombinasikan dengan Microsoft Office (Ms. Access, Ms. Excell, dan Ms. Word), yang komunikatif, mudah penggunaannya, mudah distribusi (penyebaran), memori kecil, dan portable dan berbasis dektop. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiangaran yakni: Define, Design, Develop, and Disseminate. Kata kunci: GUI Delphi, Microsoft Access, 4-D Model   Abstract: Students still use manual methods in processing their research data because they are unable to use and interpret the results of calculations from existing statistical test software such as SPSS, Minitab and others. So it is probable that a calculation error resulted in invalid results. Therefore, this study aims to develop a desktop-based quantitative research hypothesis test application using Delphi in combination with Microsoft Office (Ms. Access, Ms. Excell, and Ms. Word), which is communicative, easy to use, easy to distribute, small memory, and portable and dectop-based. This application development using 4-D development model developed by Thiangaran namely: Define, Design, Develop, and Disseminate Keywords: GUI Delphi, Microsoft Access, 4-D Model
Pengembangan aplikasi project simulasi limit fungsi menggunakan matlab Heniati Santosa, Farah; Bahri, Samsul; Ibrahim, Malik
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi project berupa media pembelajaran simulasi limit fungsi yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan menggunakan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Analisis penilaian ahli, implementasi media pembelajaran, dan respon mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran dengan analisis prestasi mahasiswa menggunakan one way anova. Hasil menyimpulkan bahwa (1) media pembelajaran simulasi limit fungsi dinyatakan valid didasarkan pada penilaian para ahli dengan skor 4,174. (2) media simulasi limit dinyatakan praktis dalam pembelajaran dengan skor kepraktisan 85% yaitu dalam kategori sangat baik. (3) media pembelajaran simulasi limit fungsi efektif didasarkan pada pencapaian mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran lebih baik daripada mahasiswa yang tidak menggunakannya. Nilai rata-rata prestasi mahasiswa pada kelas eksperimen sebesar 76,25 sedangkan nilai rata-rata prestasi mahasiswa pada kelas kontrol sebesar 64,75. Kata kunci Limit fungsi; Simulasi ; Matlab   Abstract: This study aims to produce a project application in the form of a limit simulation simulation media that functions valid, practical and effective. The development model uses 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Analysis of expert assessment, implementation of instructional media, and student response after using learning media with student achievement analysis using one way anova. The result concluded that (1) the learning media of limit function simulation is valid based on the assessment of experts with score 4,174. (2) limit simulation media is stated to be practical in learning with a practicality score of 85% which is in a very good category. (3) instructional media of effective function limit simulation is based on student achievement using learning media better than students who do not use it. The average score of student achievement in the experimental class is 76.25 while the average score of student achievement in the control class is 64.75. Keywords : Limit function; Simulation; Matlab
Design GUI of simulation and numerical solution of equation and non linier equation systems Negara, Habib Ratu Perwira; RAK, Kiki; Saparwadi, Saparwadi
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi project GUI Matlab dalam mensimulasi dan menentukan solusi persamaan dan sistem persamaan non linier dengan menggunakan metode terbuka, metode tertutup, Jacobian, Gauss Seidel, dan  Newton Raphson. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode desain pengembangan 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yakni: Define, Design, Develop, dan Diseminate. Hasil uji coba terbatas dan lapangan rata-rata mahasiswa memberikan respon yang sangat baik. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan menguasai materi kuliah metode numerik, karena aplikasi dibangun dengan desain yang sesuai kebutuhan mahasiswa khususnya pada langkah-langkah penyelesaian dari persamalahan yang disajikan tanpa harus menyusun ulang scribs di m-file dan Command Windows. Abstract:This research aims to develop GUI matlab project application in simulating and determining equation solution and nonlinear equation system using open, closed method method, Jacobian, Gauss Seidel, and Newton Raphson. The development of this application using 4-D development design method that was done through 4 stages namely: Define, Design, Develop, and Diseminate. The results of the trial were limited and the average field of students gave a very good response. This application can assist students in understanding and mastering the numerical course material, because the application was built with the design that suits the needs of the students especially on the steps of completion of the presented problems without having to reorder scribs in m-file and Windows Command.
Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD Setiyaningrum, Monika
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2018): Vol. 1 No. 2 (Juli) 2018
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar siswa di SDN Salatiga. Terdapat 23 siswa dari 32 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu dibawah 70 dengan nilai rata-rata 56,5. Adanya permasalahan tersebut, maka diadakan upaya memperbaiki pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakasanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggnakan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian mengalami peningkatan presentase hasil belajar serta aktivitas belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I dan II meningkat. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL)   Abstract: The research is motivated by the lack of maximum student learning outcomes at SDN Salatiga. There are 23 student from 32 student who score bellow KKM below 70 with an average score of 56,5. There were 23 students from 32 students who got grades below the KKM which were under 70 with an average score of 56.5. The existence of these problems, then held an effort to improve learning so that student learning outcomes can improve through classroom action research. The type of research that will be used is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in two cycles. Technique of collecting data using observation and test result of learning Result of research have increased percentage of learning result and student learning activity reaching KKM at cycle I and II increase. Teachers should use Problem Based Learning (PBL) learning models to improve student learning outcomes. Improve student learning outcomes. Keywords: Learning outcomes, Problem Based Learning (PBL)

Page 1 of 11 | Total Record : 105