Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)
Vol 2, No 2 (2015): Juni

Perbedaan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Kegawatdaruratan Maternal antara Kurikulum Konvensional dan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Sefita Aryuni Nirmala (Universitas Padjadjaran Bandung)
Rani Nurparidah (Universitas Padjadjaran Bandung)
Rima Nopiantini (Universitas Padjadjaran Bandung)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2017

Abstract

Usaha menyiapkan bidan yang tanggap dan dapat mengatasi berbagai situasi kompleks yang dihadapi, dibutuhkan bidan yang mampu berpikir kritis, analisis–sintesis, advokasi, dan kepemimpinan yang hanya dihasilkan oleh pendidikan kebidanan yang berkualitas dengan kurikulum yang mampu menjawab tantangan zaman. Pengembangan kurikulum Prodi Diploma Kebidanan FK Unpad adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi  dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penanganan kegawatdaruratan maternal antara kurikulum konvensional dan KBK. Rancangan penelitian eksperimental dengan pendekatan Randomized pre-tes –post-test control group design, responden melibatkan 52 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol dan dipilih secara acak. Penelitian dilakukan bulan Juni–Desember 2014. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan dan keterampilan penanganan kegawatdaruratan maternal antara mahasiswa dengan kurikulum konvensional dan KBK. Data dikumpulkan melalui pre-tes dan post-tes pada kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada nilai post-tes pengetahuan pada kedua kelompok (p=0,027) dan terdapat perbedaan bermakna pada nilai post-tes keterampilan pada kedua kelompok (p=0,000). Tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan antara yang menggunakan kurikulum konvensional dengan KBK. Simpulan penelelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai pre-tes dengan post-tes pengetahuan dan keterampilan pada kedua kelompok.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ijemc

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal Of Education and Midwifery Care (IJEMC) is a peer-reviewed journal and a periodical scientific book published by the Midwifery Study Program of Faculty of Medicine Universitas Padjadjaran 4 times a year in every March, June, September, and December. IJEMC also publishes ...