Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BUKU KIMIA BERBASIS POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN

Siska Dwi Rosalina (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)
Okviyoandra Akhyar (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar buku Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Brog and Gall. Produk hasil pengembangan dinilai oleh tiga orang ahli untuk validasi buku dan satu orang guru kimia untuk menentukan kualitas kelayakan buku Pop up yang mencakup lima aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek kesesuaian dengan komponen Pop Up. Analisis data yang digunakan adalah data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan buku kimia berbasis Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin adalah sebesar 24,00% aspekKelayakan Isi, 24,00% aspek Bahasa dan Gambar, 85,00% aspek penyajian, 35,00% aspek Kegrafisan, dan 52,00% aspek Kesesuain Dengan Pop Up. Dari kelima aspek penilaian, buku pop up ini termasuk dalam kualitas baik (B).Oleh karena itu, bahan ajar buku kimia berbasis pop up pada materi kimia minyak bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...