Jurnal Jalan Jembatan
Vol 27 No 2 (2010)

HUBUNGAN PARAMETER KUAT TARIK TAK LANGSUNG TERHADAP MODULUS RESILIEN CAMPURAN BERASPAL DINGIN DENGAN ASPAL BUSA

Widayat, Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2018

Abstract

Daur ulang campuran dingin dengan aspal busa (foamed bitumen) merupakan salah satu alternatif teknologi yang dapat diaplikasikan pada pemilihan strategi penanganan suatu proyek rehabilitasi jalan. Konstruksi ini ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi udara yang terjadi pada suatu proyek pekerjaan jalan. Bahan campuran dapat terdiri dari bahan garukan yang mengadung aspal (RAP), agregat segar dengan atau tanpa penambahan semen. Kriteria campuran daur ulang dengan aspal busa ditentukan berdasarkan nilai Indirect Tensile Strength (ITS), Tensile Strength ratio (TSR)dan Unconfined Compressive Strength (UCS). Sedangkan tolok ukur kekakuan campuran dinyatakan dalam parameter Modulus Resilient (MR). Besaran ITS dan MR ini dipengaruhi oleh temperatur pengujian di laboratorium atau lapangan. Dari hasil pengujian terhadap beberapa benda uji campuran yang diuji pada beberapa variasi temperatur menunjukan bahwa semakin besar temperatur pengujian, nilai ITS dan MR akan menurun. Terdapat hubungan regresi yang cukup signifikan antara dua parameter MR dengan ITS dalam bentuk regresi pangkat. Prediksi ini dapat digunakan sebagai pendekatan dalam menentukan nilai coefficient layer dalam perencanaan tebal perkerasan. Kata kunci : daur ulang campuran dingin, aspal busa, RAP, ITS, Modulus Resilien, koefisien lapiran

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...