Channel : Jurnal Komunikasi
Vol 6, No 2 (2018)

Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Larissacenter Sebagai Media Beriklan Larissa Aesthetic Center Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI)

Wulandari, Astri ( Universitas Mercubuana Yogyakarta)
Lutfiyati, Nur Latifah ( Universitas Mercubuana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

ABSTRAKMedia sosial telah menjadi sebuah candu dan menciptakan “dunia” sendiribagi para penggunanya. Bak sebuah jendela, netizen dapat memantau,melihat serta mengetahui informasi, berita, atau kejadian yang sedang virallewat media sosial. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang digemariuntuk menunjukkan eksistensi lewat media sosial. Fenomena terhadaptingginya pengguna aktif instagram di Indonesia telah menempati posisike-3 didunia. Kemudahan dalam mengakses instagram saat ini mulai dilirikoleh perusahaan untuk mengiklankan produk dan jasanya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas iklan LarissaAesthetic Center melalui akun instagram pada pengguna skincare dan klinikkecantikan di Yogyakarta, perempuan dan berusia 17-35 tahun. Tipe penelitianini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100orang. Sample dalam penelitian ini menggunakan teknik penentuan sampleuntuk ukuran populasi tidak terhingga. Elemen respon dalam CustomerResponse Index (CRI) adalah aware (kesadaran), comprehend (pemahaman),interest (ketertarikan), intention (niat untuk membeli), dan action (tindakan).Berdasarkan hasil analisis tabulasi sederhana dan analisis skor rata – rata dengan metode CRI pada iklan Larissa di media sosial instagram menunjukanbahwa iklan Larissa pada media sosial instagram termasuk dalam kategori“cukup efektif” dengan prosentase sebesar 52,76% karena responden telahsampai pada tahapan melakukan pembelian terhadap produk Larissa AestheticCenter yang diiklankan pada akun Instagram @larissacenter dengan hasil yangdidapat dari perhitungan CRI adalah aware dengan prosentase sebesar 92%,comprehend dengan prosentase sebesar 8034%, interest dengan prosentasesebesar 78,38%, intentions dengan prosentase sebesar 96,55%, dan actiondengan prosentase sebesar 94,34%.

Copyrights © 2018