Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN SMA NEGERI 1 LASALIMU SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan)

Sumarlin, Sumarlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajar dengan megunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowbal throwing pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada skor rata-rata aktivitas siklus I sebesar 2,6 termaksut kategori cukup meningakat pada siklus II menjadi 3,6 termaksut pada kategori baik; 2) Aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan skor rata-rata pada siklus I adalah 2,67 yang termaksut kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,67 yang berkategori baik; 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus satu I dari 29 orang siswa hanya 19 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 65,5% dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 29 orang siswa ada 26 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 89,7% dengan nilai rata-rata 76,6%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...