Jurnal Jalan Jembatan
Vol 25 No 2 (2008)

ANALISIS PENURUNAN TIMBUNAN BADAN JALAN PADA TANAH LEMPUNG LUNAK

Suaryana, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Beberapa tahun yang baru lewat teori yang telah dikenal baik yang dikembangkan oleh Terzaghi, dalam bentuk dasar maupun pengembangannya selalu digunakan untuk menganalisis kecepatan penurunan tanah dan disipasi tegangan air pori. Dalam studi belum lama ini, diketahui bahwa keberhasilan dalam memperkirakan besar dan kecepatan penurunan dengan menggunakan teori Terzaghi untuk beberapa studi kasus bervariasi dari sangat baik sampai jelek. Ketidaktepatan ini dapat dijelaskan dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti hubungan yang tidak linier antara log tegangan efektif dan angka pori, dan perubahan dalam permeabilitas dan kompresibilitas. Dalam kajian ini telah dikembangkan program komputer untuk menganalisis konsolidasi dua arah dari tanah lunak yang berlapis yang memikul beban timbunan, teori yang digunakan adalah : 1) menggunakan teori Terzaghi-Rendulic, dan 2) menggunakan teori non-linear. Data pengujian yang digunakan adalah laporan percobaan timbunan di Juru, Muar Flats Malaysia dan Tickton, Inggris. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkiraan penurunan dan disipasi tegangan air pori dengan teori non-linear lebih mendekati kenyataan lapangan dibandingkan dengan teori Terzaghi-Rendulic. Kata Kunci : konsolidasi tanah lunak, teori non-linear, teori Terzaghi-Rendulic

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...