JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN FISIKA

Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answers Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Sungguminasa

Rahmatul Irfan (Unknown)
Muh Tawil (Unknown)
Rahmini Hustim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2017

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar Fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model active learning type GQGA, Apakah hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Sungguminasasetelah diajar dengan model active learning type GQGA ada peningkatannya atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimendengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan dua variabel yaitu variable bebas (pembelajaran Fisika dengan Model pembelajaran aktif  tipe giving question and getting answer) dan variable terikat (hasil belajar fisika). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa, sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 194 siswa. Adapun sampel penelitian diambil dengan memilih kelas secara langsung yaitu kelas VIII1 dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes tertulis, dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 13 Makassar yang diajar dengan model active learning type GQGA berada dalam kategori tinggi.Dari hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMPN 2 Sungguminasa terdapat peningkatan setelah diajar dengan model active learning type GQGA.Kata Kunci:Penelitian pra eksperimen, model active learning type GQGA, hasil belajar Fisika.Main problem in this research that is how to apply model study of Active Learning type of Giving Question and Getting Answers. This Research aim to to know how big result of learning taught Physics student by applying modelactivelearningtype GQGA, Do result learn Physics class student of VIII1Junior High school two Sungguminasa after taught with model of active learning type GQGA there is it’s improvement or do not. This research represent research of pre experiment by using One-Group Pretest-Posttest Design desain by entangling two variable that is free variable ( study of Physics with active Model study of type of giving question and getting answer) and variable tied ( result learn physics). Population in this research is entire/all class student of VIII1Junior High school two Sungguminasa, counted 4 class with amount of student 194 student. As for research sampel taken by chosening class directly that is class of VIII1 with amount of student counted 48 people. Instrument used for this research is tes written, with double helix problem counted 30 number. Result of descriptive analysis indicate that mean score result of learning Physics class student of VIII1Junior High School Muhammadiyah 13 taught Makassar with model of activelearningtype GQGA stay in high category. From result of analysis of N-Gain indicate that result learn Physics class student of VIII1Junior High school two Sungguminasathere are make-up of after taught with model of activelearningtype GQGA.Keyword: Pre experimentresearch, model GQGA typeactive learning, result of learning Physics. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...