JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 4, No 1 (2016): PENDIDIKAN FISIKA

Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kontekstual (PTK Pada Peserta Didik SMP Negeri 3 Sungguminasa)

Tri Hastiti Fiskawarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran kontekstual yang dilaksanakan dalam dua siklus.Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sungguminasa kelas VIIIc. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi.Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, kuesioner kreativitas dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika peserta didik meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kontekstual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII. c SMP Negeri 3 Sungguminasa.  Kata kunci: Kreativitas, Hasil Belajar, KontekstualOutcomes through Contextual Learning (supervised by Muhammad Sidin Ali and Aisyah Azis)This study was a classroom action research which covered the planning, action, observation, and reflection. Action was conducted to improve learnin activity, creativity, and Physics learning outcome thorugh contextual learning whicho was conducted in two cycles. The study was conducted in grade VIIIc at SMPN 3 Sungguminasa. Data analysis employed in this study was descriptive analysis by finding the mean score of the class, individual learning mastery, and classical learning mastery. The result of descriptive analysis was grouped in the categories of extremely low, low, fair, hihg, and extremely high which referred to frequency distribution table. Data was collected by employing observation sheet of students’ activity, questionnaire of creativity, and test of Physics learning outcomes. The result revealed that learning activity, creativity, and Physics learning outcomes were improved. The conclusion based on the result was the application of contextual learning in the learning process could improve learning activity, creativity, and Physics learning outcome of grade VIIIc students at SMPN3 Sungguminasa. Key words: Creativity, Learning Outcomes, Contextual

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...