JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 2 (2018): August 2018

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH RUTIN DAN NON-RUTIN PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN

Putri, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan kemampuam pemecahan masalah peserta didik pada soal rutin dan non-rutin pada materi aturan pencacahan di kelas XI IPA SMA Mutiara Harapan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis mengenai soal aturan pencacahan, dan wawancara tidak terstruktur mengenai kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (kesimpulan). Dari hasil analisis data dan wawancara menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah rutin dan non-rutin. Peserta didik dapat menyelesaikan soal rutin dengan baik, namun pada soal non-rutin proses yang digunakan masih belum sistematis. Tingkat kemampuan pemecahan masalah pada soal non-rutin lebih tinggi dibanding pada soal rutin. 90% peserta didik mampu menyelesaikan soal rutin dengan baik, namun untuk soal non-rutin 40% peserta didik masih belum menggunakan proses yang sistematis dalam pengerjaannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...