JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 2 (2018): August 2018

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rahmi Fitria (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil ulangan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs PP Darul Fatah sebanyak 3 orang yang terdiri dari siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, wawancara dengan guru-guru matematika dan tes. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah sebagai berikut : 1) kemampuan pemecahan masalah SR kurang baik karena masih banyak indikator pemecahan masalah yang belum terpenuhi. 2) kemampuan pemecahan masalah SS sudah tergolong baik. Karena sebagian besar dari indikator pemecahan masalah sudah terpenuhi. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah ST sudah sangat baik. Karena semua indikator pemecahan masalah sudah terpenuhi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...