JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

PERANAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Melva Yola Afdareza (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah terstruktur dalam materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian Group Design Comparations Posttest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes deskripsi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan t-test (independent sample t-test). Uji-t dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah terstruktur terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...