JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT PADA SISWA SMP

Elita Yubari (Guru SMP Negeri 3 Pekanbaru Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini memperbaiki proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa. Instrumen pengumpulan data yang dipilih yakni cerita rakyat, lembar observasi, catatan lapangan serta hasil analisis belajar menyimak cerita rakyat. Tahapan penelitian dilaksanakan empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian berlangsung dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa dilihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai tinggi dan nilai rata-rata teshasil belajar tiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) telah tercapai pada Siklus II, dengan nilai rata-rata 17,5 %pada siklusI meningkat menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung oleh keberhasilan proses tindakan melalui pendekatan pembelajaran yang tepat, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...