JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VIII.4 SMPN 3 PASIR PENYU TP. 2016/2017

Helda Yanti (SMP Negeri 3 Pasir Penyu Indragiri Hulu, Riau)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan study tentang pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together bertujuan untuk menciptakan suasana belajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Hal ini bertolak dari refleksi pembelajaran sebelumnya, karena kurang bervariasinya metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menyebabkan siswa pasif, kegiatan pembelajaran lebih terpusat kepada guru. Hal ini berdampak kepada kurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa, 48 % dari jumlah siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75 sehingga mereka harus mengikuti remedial. Hal ini mungkin disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik dan monoton. Oleh seba itu Model pembelajaran harus peneliti ubah dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) . Model Pembelajaran Numbered Head Together berfungsi untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas serta bekerja sama dalam kelompok. Dari data hasil penelitian setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 73,29 % pada siklus I menjadi 89,14 % pada siklus II, sudah mencapai kriteria baik sekali menurut Suharsimi Arikunto. Sedangkan hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata kelas 74,2 pada siklus I menjadi 86,6 pada siklus II. Siswa yang tuntas tanpa remedi pada siklus I adalah 72 % , pada siklus II meningkat menjadi 100%; padahal peneliti menetapkan penelitian dianggap berhasil jika 85 % dari jumlah siswa tuntas mencapai KKM yaitu 75. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...