JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

IMPLEMENTASI TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS II SDN 006 SEKIP HULU RENGAT

Masita Masita (Sekolah Dasar Negeri 006 Sekip Hulu, Rengat Indragiri Hulu, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran membaca puisi belum mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah-sekolah. Hal ini juga terjadi di SDN 006 Sekip Hulu Rengat dalam.Melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran diharapkan lebih mudah bagi guru dalam menyampaikan materi tentang puisi, sehingga memudahkan siswauntuk memahami dan terampil dalam membaca puisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa metode pemodelan dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas II SDN 006 Sekip Hulu Rengat,dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya perubahan aktivitas siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran membaca puisi pada siklus I diperoleh ratarata 2,82 dengan persentase 70% dan siklus II diperoleh rata-rata 3,28 dengan persentase 82%.Pada hasil keterampilan membaca puisi siswa pada siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh oleh 82,61 sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 85,87 dengan KKM 75.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...