JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMESTOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Nurhidayah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar kelas XII IPA3 SMA Negeri 2 Siakhulu belum memuaskan. Strategi dan metode yang digunakan oleh para guru ini belum mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa biologi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memfokuskan materi biologis pada metabolisme di kelas XII IPA3 SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada materimetabolisme. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian berupa observasi lembar kegiatan siswa, lembar kegiatan siswa sains sikap siswa, lembar observasi guru, lembar hasil belajar lembar ujian. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas, hasil belajar ilmiah dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kegiatan meliputi perhatian guru terhadap penjelasan, mengajukan pertanyaan / tanggapan, mengisi lembar kerja, melakukan permainan, dan menjawab pertanyaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi pada materi metabolisme kelas XII IPA3 SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...