JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN KARTU PEMBELAJARAN KELAS XII IPS 5 SMA NEGERI 2 BANGKINANG KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Asminah, Asminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah melalui Model Discovery Learning menggunakan Kartu Pembelajaran Bagi siswa Kelas II IPS 5 SMAN 2 Bangkinang Kota Tahun Pelajaran2015/2016. Penelitian ini bertujuan melihat Bagaimana Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning menggunakan kartu pembelajaran terhadap pemaham dan penguasaan ( Action Reseach ) sebanyak 2 puturan setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan atau pelaksanaan, pengamatan dan reflesi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri Bangkinang kotaTahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis , dan hasil lembaran obser vasi kegiatan belajar mengajar guru dan siswa.Dari hasil analisis di dapatkanlah bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I di bandingkan dengan siklus I. Terlihat pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa hanya Mencapai ( 81.48 % ) naik menjadi ( 85.16 % ) pada siklus yang ke II, sehingga ketuntasan klasikal yang diharapkan 85 % pada siklus pertama tidak tercapai namun pada siklus ke II tercapai dengan baik. Begitu juga dengan hasil belajar pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 81.48 naik menjadi 84.81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mode l Discovery Learning dengan kartu pembelajaran dapat berpengaruh posistip terhadap hasil beajar siswa XII IPS 5 SMA Negeri Bangkinang Kota tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : , , , Ketuntasan Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...