BULETIN AL-RIBAATH
Vol 12, No 2 (2015): Buletin Al-Ribaath

PENERAPAN PENDEKATAN BCCT DI KELAS APEL (TK A) PAUD KASIH IBU KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA (APPLICATION BCCT APPROACH AT APPLE CLASS (TK A), PAUD KASIH IBU, SUBDISTRICT OF SOUTHEAST PONTIANAK)

Iin Maulina (Unknown)
Su trisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Pendekatan BCCT di Kelas Apel (TK A) PAUD Kasih Ibu Kecamatan Pontianak Tenggara yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Penilaian,pada pendekatan pembelajaran tersebut. Sasaran penelitian ini adalah mendapatkan informasi yang tepatdan lengkap dari PAUD Kasih Ibu agar berguna bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas, khususnyabagi bidang PAUD untuk usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan deskripsi analitikmelalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajarannya meliputi empatpijakan, yaitu: Lingkungan main, sebelum main, saat main, dan setelah main. Ada empat sumberpengumpul data dalam penelitian ini: (1) Dua orang guru Kelas Apel; (2) Kepala Sekolah PAUD KasihIbu; dan (3) Sekretaris yang juga sebagai anggota pengelola PAUD Kasih Ibu. Hasil penelitiannyamenunjukkan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian penerapan pendekatan BCCT di KelasApel (TK A) PAUD Kasih Ibu adalah “Cukup baik”. Analisis perencanaan, pelaksanaan, dan penilaiandifokuskan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dibuat oleh guru-guru KelasApel PAUD Kasih Ibu dari bulan September 2015 sampai dengan bulan November 2015. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendekatan BCCT, RPPH

Copyrights © 2015