Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Kemampuan Pengucapan Kata Berakhiran -ed Mahasiswa Semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK Tahun Akademik 2016/2017

M. Fadhly Farhy Abbas (Unknown)
Herdi Herdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam mengucapkan kataberakhiran -ed pada kata kerja beraturan bentuk lampau (regular verb past tense). Hasil analisistersebut digunakan sebagai bahan evaluasi mata kuliah Pronunciation. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif.Yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yakni kelas 1A dan1B Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK Tahun Akademik 2016/2017 yangberjumlah sebanyak 54 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tesdan wawancara (interview). Data yang didapat dari tes diolah menggunakan rubrik penilaian dandata yang didapat dari wawancara dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan hasil tes, ditemukanbahwa nilai rata-rata mahasiswa secara keseluruhan adalah 70.4 dan digolongkan kedalamkategori yang kurang baik (fair). Selanjutnya, nilai rata-rata untuk kelas 1A adalah 66.5 dan nilaikelas 1B adalah 69.2 (fair). Kemudian, berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwakelemahan mahasiswa dalam pengucapan kata tersebut dipengaruhi oleh jarangnya meluangkanwaktu untuk berlatih dan juga dipengaruhi oleh perbedaan sistem bunyi antara bahasa Inggrisdan bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuanmahasiswa dalam mengucapkan kata berakhiran-ed masih terbilang lemah. Sehingga, diperlukanperbaikan yang lebih intens lagi agar kemampuan mahasiswa dalam pengucapan kata berakhiran–ed dapat meningkat lebih baik lagi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...