Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Hubungan Gaya Kepemimpinan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMPN 2 Batang Anai

Nelfi Erlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 BatangAnai. Faktor penyebabnya ada yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Faktoryang berasal dari dalam diri siswa seperti malas belajar. Faktor luar diri siswa seperti faktorlingkungan keluarga yang terdiri dari faktor orang tua, suasana keluarga, lingkungan keluarga,kondisi keluarga yang tidak sehat atau broken home. Hal ini berpengaruh dalam proses belajardan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gayakepemimpinan orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai.Jenispenelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IXSMPN 2 Batang Anai yang terdaftar dalam tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalahsemua kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Teknik pengambilan sampel menggunakan totalsampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket atau kuesioner yang diberikan kesiswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasidengan menggunakan uji chi kuadrat untuk melihat antara hubungan gaya kepemimpinan oramgtua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Berdasarkan analisis datadidapatkan dua gaya kepemimpimam yaitu otoriter dan demokratis. Hasil uji hipotesis diperolehX2hitung< X2tabel = 0,004 < 3,841 sehingga hipotesis Ho diterima pada taraf nyata 0,05 danhipotesis Hi ditolak. Jadi tidak ada hubungan yang berarti antara gaya kepemimpinan orang tuaterhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...