Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2017): Lectura: Jurnal Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Keterampilan Proses Sains terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA 2 T.A 2015/ 2016 SMA Nurul Falah Pekanbaru

Raudhah Awal (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalahmelalui keterampilan proses sains terhadap berpikir kreatif siswa pada materi sistemgerak dikelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitianini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Desain penelitian yangdigunakan adalah weak experiment one group pretest-posttest design. Sampel penelitianadalah siswa kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 30 orang siswa, yang diambil denganteknik purposivesampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniberupa paired samplet-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest danlembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain yang diperoleh 0,72 (kategoritinggi). Berdasarkan hasil uji paired sample t-test maka diperoleh data yang berbedasignifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaranberbasis masalah melalui keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikirkreatif siswa pada materi sistem gerak kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbarutahun ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...