Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalahmelalui keterampilan proses sains terhadap berpikir kreatif siswa pada materi sistemgerak dikelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitianini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Desain penelitian yangdigunakan adalah weak experiment one group pretest-posttest design. Sampel penelitianadalah siswa kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 30 orang siswa, yang diambil denganteknik purposivesampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniberupa paired samplet-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest danlembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain yang diperoleh 0,72 (kategoritinggi). Berdasarkan hasil uji paired sample t-test maka diperoleh data yang berbedasignifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaranberbasis masalah melalui keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikirkreatif siswa pada materi sistem gerak kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbarutahun ajaran 2015/2016.
Copyrights © 2017