Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory,kinesthetic berbasislingkungan terhadap penguasaan konsepsiswa pada materikeanekaragaman hayatidi kelas X SMAN 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Penelitianini dilaksanakan pada semester genap bulan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan kuasieksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Sampelpenelitian siswa kelas X3 dan X4 dengan teknik pengambilan simple random sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas gurudan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelaseksperimen 0.72 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0.53 (kategori sedang). Berdasarkanuji-t nilai N-Gain maka diambil keputusan tolak H0 yang artinya berbeda signifikan. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visual, auditory,kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materikeanekaragaman hayati di kelas X SMAN Negeri 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017.
Copyrights © 2017