Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan

Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa

Hugo Aries Suprapto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Dengan komunikasi yang efektif, maka fungsi manajerial yang berawal dari fungsi,implementasi dan pengawasan dapat dicapai. Penelitian ini memakai metode eksperimen.Subyek penelitian adalah mahasiswa Teknik Industri semester tujuh sebanyak 25. Terdapatpengaruh yang signifikan komunikasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas,Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α=5%, Hasil ujinormalitas sebelum kmunikasi efektif didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.190, danShapiro-Wilk 0.215 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusinormal. Sedangkan Hasil uji normalitas sesudah komunikasi efektif didapat nilaiKolmogorof-Smirnov Sig. 0.134, dan Shapiro-Wilk 0.346 sehingga pada α= 5%= 0.05 <Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians LeveneNilai Sig. 0.096, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.096 sehingga dapatdikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkatkepercayaan 95%, rata-rata sesudah komunikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajarmahasiswa mata kuliah kewirausahaan mean sebesar 80.9600 ) dibanding sebelum memakaikomunikasi efektif ( mean sebesar 64.7200 ), naik sebesar 16.24. Dengan kata lain,penggunaan memakai komunikasi efektif berpengaruh signifikan pada peningkatan hasilbelajar 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukandalam penelitian.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...