Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan

Menggunakan Komik Sains dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia

Insar Damopolii (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Komik sains merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guruuntuk mengajar konsep sains di dalam kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh komik sains terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPYapis Manokwari dan SMP Negeri 15 Manokwari. Jenis penelitan adalah kuasieskperimen menggunakan nonequivalent controp group design. Sampel penelitianberjumlah 106 siswa. Kelas eksperimen sebanyak 53 siswa dan kelas kontrol sebanyak53 siswa. Analsis data menggunakan Mann-Whitney Test pada taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 (p < 0,05) yang menandakanterdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan dalampenelitian ini adalah siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajan komik lebihtinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakanmedia pembelajaran komik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...