Explore IT : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika


ERANCANGAN PERANGKAT LUNAK JAJAK PENDAPAT BERBASIS SMS DENGAN MODUL SMS GATEWAY (STUDI KASUS 9 | DI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN)

Arief Tri Arsanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2013

Abstract

Voting adalah kegiatan yang sangat menentukan pada setiap perhelatan pemilihan,persoalan yang menjadi fokus perhatian bagi panitia penyelenggara pemilihan adalahbagaimana proses pemungutan suara dapat menjamin azas langsung, umum, bebas danrahasia serta bagaimana hasil penghitungan suara dapat berlangsung jujur, transparan,dan dapat diakses oleh publik. Salah satu kegiatan yang belum tersentuh teknologi yaituproses pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI),diUniversitas Yudharta Pasuruan semua prosesnya kebanyakan masih dilakukan secaramanual, hal ini dirasa kurang efektif dengan berkembangnya teknologi sekarang ini.Untuk memenuhi hal tersebut maka dibangun sebuah aplikasi E-voting berbasis SMSGateway. Sistem ini dibangun menggunakan software Gammu dan dengan menggunakanbahasa pemrograman PHP. Sistem ini menggunakan SMS untuk melaksanakan voting,diharapkan akan memberikan hasil voting yang akurat, cepat dan terpercaya serta bisamengurangi angka siswa yang tidak memilih dan tidak akan mengganggu proses belajarmengajar.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

EXPLORE-IT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Explore IT! merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan. Isi artikel Jurnal EXPLORE IT meliputi bidang Artificial Intellegent, AR VR, Mobile programming, Pattern Recognition, Internet of Thinks (IoT), Remote ...