Jurnal Jalan Jembatan
Vol 22 No 4 (2005)

FENOMENA KERUSAKAN RIGID PAVEMENT PADA JALAN TOL PADALEUNYI KM 09+300 B (ARAH PADALARANG)

Murtosidi, Iman (Unknown)
MSc, Saksono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2018

Abstract

Paper ini sekilas memberikan gambaran mengenai fenomena menarik keruntuhan rigid pavement pada jalan tol Padalarang - Cileunyi, yang terjadi pada 11 Oktober 2002 jam 15.00, dan informasi kepada masyarakat, khususnya kepada pengelola jalan tol terhadap bahaya yang kemungkinan bisa terjadi pada rigid pavement jalan yang dibangun diatas tanah lunak. Pada mulanya rigid pavement berperilaku sebagai pelat dasar pondasi elastis dengan frekuensi alamiah. Penurunan local tanah/sub soil yang terjadi merubah rigid pavement menjadi semi kantilever, sehingga frekuensi getaran beban lalu-lintas berubah menjadi frekuensi alamiah yang rendah. Beban dinamis lalu lintas mengakibatkan rigid pavement mengalami flexural vibration. Lendutan makin membesar (amplification) seandainya frekuensi forced vibration nilainya hampir sama dengan frekuensi free vibration. Oleh karena lendutan rigid pavement ke bawah tertahan oleh lean conrete dan sebaliknya bebas melendut ke atas, maka tejadilah keruntuhan pada rigid pavement yang disertai ledakan karena karakteristik beton yang kaku/brittle.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...