BASIS (BAHASA DAN SASTRA INGGRIS)
Vol 3 No 2 (2016): JURNAL BASIS UPB

GANGGUAN PELAFALAN FONEM TERHADAP ANAK-ANAK (BALITA) Suatu Kajian: Neurolinguistik

johan johan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian neurolinguistik, neurolinguistik adalah salah satu kajianinterdisplin ilmu antara ilmu linguistik dengan syaraf manusia. Di sini lebih mengutamakanbagaimana manusia itu memperoleh bahasa. a. Untuk menjelaskan gangguan fonem apa saja yangdialami oleh anak-anak di bawah usia lima tahun (balita) dalam bertutur setiap harinya. b. Untukmenjelaskan peta fonem yang dilafalkan anak-anak tersebut c. Untuk menjelaskan gangguan sarafapasaja yang terjadi pada anak-anak tersebut. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data inidalah metode simak, dengan teknik dasar sadap, teknik dasar lanjutan simak libat cakap (SLC),teknik rekam, dan teknik catat. Untuk Metode analisa data peneliti menggunakan metode kontribusioleh Sudaryanto dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) dan didukung oleh teknik pelepasan,delesi, teknik lesap serta teknik ganti, substitusi, ekspansi, dan teknik perluas. Kemudian hasilpenelitian ini adalah: tuturan penutur barada pada tataran penultima dan ultima, penutur hanyadapat melafalkan kata-kata berada pada tingkat sonoritas. Secara persentase fonem yang dapatdituturkan hanya 9,7 % dan yang tidak dapat dituturkan 90,3 %.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini mempublish hasil penelitian maupun non-penelitian dengan tiga topik berkaitan langsung dengan ilmu Bahasa, diantaranya Tekhnik pembelajaran bahasa dan sastra, Bahasa dan Sastra Inggris. Jurnal ini wadah publish artikel secara online dan cetak bagi Mahasiswa, Guru maupun Dosen. Adapun isi ...