Pelabuhan petikemas Bagendang merupakan pengalihan kegiatan petikemas dari pelabuhan Sampit ke Bagendang ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi pengguna jasa utamanya dari segi pelayanan mengingat dermaga yang memang didesain untuk kegiatan petikemas. Pelabuhan Bagendang juga menyediakan fasilitas container yard (lapangan penumpukan) yang luas untuk dapat menampung arus peti kemas yang ada. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan peti kemas di pelabuhan Bagendang baik dari segi tingkat kepuasan pengguna jasanya maupun untuk kapasitas lapangan penumpukan peti kemasnya hingga tahun-tahun yang akan datang. Â Prosedur dimulai dari penetapan target, kajian literatur dan variabel yang dipilih, pengumpulan data, analisis data dan penetapan hasil tingkat kepuasan pengguna jasa dalam kategori kurva dari Diagram Kartesius serta mengevaluasi daya tampung dari luasan lapangan penumpukan peti kemas yang ada. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa sejauh ini berada pada tingkat memuaskan yaitu sebesar 50 % serta untuk luasan lapangan penumpukan petikemas didapat bahwa mulai tahun 2018 arus petikemas telah melampaui kapasitas tampungan luasan maksimum arus petikemas sehingga perlu diadakan perluasan lapangan penumpukan agar mampu menampung arus peti kemas yang akan terjadi pada tahun-tahun yang akan datang. Â Kata kunci: Evaluasi pelayanan, peti kemas, lapangan penumpukan
Copyrights © 2016