Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2018)

Pengembangan Buku ajar Statistika Elementer Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika

Alberta Parinters Makur (STKIP Santu Paulus)
Sebastianus Fedi (STKIP Santu Paulus)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2018

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika elementer dan mengetahui kualitas buku ajar yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Statistika Elementer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi, angket respon mahasiswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Buku  Ajar ini dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE, yaitu: a) Analysis: analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik mahasiswa. b) Design: pengumpulan referensi, perancangan dan penyusunan  buku ajar, penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dengan media yang digunakan. c) Development: pembuatan  buku ajar, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan  buku ajar, dan merevisi produk berdasarkan masukan validator. d) Implementation: terdiri atas uji coba kecil dan uji coba besar untuk memperoleh kepraktisan dan keefektifan penggunaan  buku ajar. e) Evaluation: menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan  buku ajar. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria lolos tanpa revisi berdasarkan penilaian validator materi, validator bahasa dan validator penyajian dan grafika dengan skor masing-masing 3.69, 3.25, dan 3.33 b) kepraktisan dengan kriteria lolos tanpa revisi berdasarkan penilaian dosen terhadap  buku ajar, angket respon mahasiswa dan observasi kegiatan pembelajaran dengan skor masing-masing 3.20, 93.93%, dan 87.71%. c) efek potensial   buku ajar dengan kriteria tinggi berdasarkan tes prestasi belajar mahasiswa dengan persentase sebesar 73%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...