Program penguatan ekonomi kreatif pada siswa madrasah melalui Work-oriented education program di Pariaman dilakukan melalui pembentukan Joint Madrasah Community yang digagas oleh STIT Syekh Burhanuddin Pariaman. Program ini memberikan pendampingan pelatihan industri ekonomi kreatif yaitu pelatihan public speaking dan kaligrafi berbasis digital printing. Tujuan program adalah menyiapkan lulusan madrasah siap kerja dan sekaligus mengurangi pengangguran lulusan madrasah yang selama ini penyumbang terbesar di Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian evaluasi logic model menggunakan pendekatan mixed method yaitu pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan program menggunakan Comunity Based Research design. Analisa data kualitatif meliputi pengumpulan data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan Analisa data kuantitatif adalah uji independent t-test menggunakan program SPSS. Hasil program Work Oriented Education Program through Joint Madrasah Community terbukti berpengaruh signifikan terhadap penguatan life skill siswa madrasah dengan nilai a=0.000 < 0.05. Keberhasilan program 64.71% lulusan Madrasah diserap kerja jurnalistik dan broadcasting dan 70 persen di sektor kerja digital printing art kaligrafi. Rekomendasi program perlu dilanjutkan dengan memperluas jaringan komunitas madrasah negeri dan swasta yang ada di Pariaman.  تÙ
تÙÙÙØ° برÙاÙ
ج تعزÙز اÙاÙتصاد اÙإبداع٠ÙÙ Ø·Ùاب اÙÙ
دارس Ù
Ù Ø®Ùا٠برÙاÙ
ج تعÙÙÙ
Ù Ù
Ùج٠ÙÙعÙ
Ù Ù٠بارÙاÙ
ا٠Ù
Ù Ø®Ùا٠إÙشاء Ù
جتÙ
ع اÙÙ
دارس اÙÙ
شترÙØ© اÙذ٠بدأ٠STIT اÙØ´ÙØ® برÙا٠اÙدÙ٠بارÙاÙ
اÙ. ÙÙÙر Ùذا اÙبرÙاÙ
ج اÙÙ
ساعدة اÙتدرÙبÙØ© Ù٠صÙاعة اÙاÙتصاد اÙØ¥Ø¨Ø¯Ø§Ø¹Ù Ø ÙباÙتØدÙد اÙتدرÙب عÙ٠اÙتØدث اÙعاÙ
ÙاÙخط اÙرÙÙ
Ù. اÙÙد٠Ù
٠اÙبرÙاÙ
ج Ù٠إعداد خرÙج٠اÙÙ
دارس اÙجاÙزة ÙÙعÙ
Ù ÙÙÙ ÙÙس اÙÙÙت تÙÙÙ٠اÙبطاÙØ© ÙخرÙج٠اÙÙ
دارس اÙدÙÙÙØ© اÙØ°ÙÙ ÙاÙÙا Ø£Ùبر اÙÙ
ساÙÙ
ÙÙ Ù٠غرب سÙÙ
طرة. Ùذ٠اÙطرÙÙØ© اÙبØØ«ÙØ© Ù٠بØØ« تÙÙÙÙ
ÙÙ
Ùذج Ù
ÙØ·Ù٠باستخداÙ
ÙÙج طرÙÙØ© Ù
ختÙطة Ø ÙÙÙ Ù
زÙج Ù
٠اÙÙÙج اÙÙÙعÙØ© ÙاÙÙÙ
ÙØ©. ÙستخدÙ
ÙÙج اÙبرÙاÙ
ج تصÙ
ÙÙ
اÙبØØ« اÙÙائÙ
عÙ٠اÙÙ
جتÙ
ع. ÙشتÙ
٠تØÙÙ٠اÙبÙاÙات اÙÙÙعÙØ© عÙ٠جÙ
ع اÙبÙاÙات Ùعرض اÙبÙاÙات ÙاÙتØÙÙ Ù
٠اÙبÙاÙات ÙاÙاستÙتاجات Ø ÙتØÙÙ٠اÙبÙاÙات اÙÙÙ
ÙØ© Ù٠اختبار t Ù
ستÙ٠باستخداÙ
برÙاÙ
ج SPSS. أثبتت Ùتائج برÙاÙ
ج اÙتعÙÙÙ
اÙÙ
Ùج٠ÙØ٠اÙعÙ
Ù Ù
Ù Ø®Ùا٠اÙÙ
جتÙ
ع اÙÙ
درس٠اÙÙ
شتر٠aتأثÙرÙا ÙبÙرÙا عÙ٠تعزÙز اÙÙ
Ùارات اÙØÙاتÙØ© ÙØ·Ùاب اÙÙ
درسة اÙدÙÙÙØ© بÙÙÙ
Ø©Â = 0.000 <0.05. ÙØ¬Ø§Ø Ø§ÙبرÙاÙ
ج ÙÙ 64.71Ùª Ù
٠خرÙج٠اÙÙ
دارس اÙثاÙÙÙØ© اÙØ°ÙÙ ÙستÙعبÙÙ
اÙعÙ
٠اÙصØÙÙ ÙاÙبث اÙإذاع٠٠70Ùª ÙÙ Ùطاع Ù٠اÙطباعة اÙرÙÙ
ÙØ©. Ùجب أ٠تستÙ
ر تÙصÙات اÙبرÙاÙ
ج Ù
Ù Ø®Ùا٠تÙسÙع شبÙØ© Ù
جتÙ
عات اÙÙ
دارس اÙعاÙ
Ø© ÙاÙخاصة Ù٠بارÙاÙ
اÙ.
Copyrights © 2018